Beras Hitam Pulihkan Stroke

Category: ,
beras hitam pulihkan stroke Beras Hitam Pulihkan Stroke sawah beras organik 1

Beras Hitam Pulihkan Stroke

Hadi Waluyo penggemar sejati satai dan gulai kambing, setiap kali melakukan perjalanan dan tiba di tempat baru, ia mencari satai dan gulai kambing paling enak. Ia juga maniak telur itik. “Saya bisa menghabiskan 5-6 telur itik dalam sekali makan,” ujar pria kelahiran 27 mei 1957 itu. Sayang, kegemaran Hadi menyantap makanan tinggi lemak itu tak dibarengi dengan pola hidup sehat.
Profesinya sebagai pelukis beraliran I’art brut membuat warga purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, itu sedikit aktivitas fisik. “Melukis itu pekerjaan yang berat. Pikiran berlari kencang sementara tangan tak mampu mengejar.” ujar Hadi. Saat melukis pada suatu pagi februari 2012, rahang Hadi tiba-tiba miring ke kiri. Sang istri lantas membawanya ke pusat kesehatan masyarakat.

Minim Oksigen
Kondisi Hadi Waluyo membaik pascapengobatan. Namun, pengalaman itu tak membuat ayah tiga anak itu jera. Ia masih menjalani pola hidup yang sama. Puncaknya 5 bulan kemudian, saat bangun tidur, tiba-tiba Hadi tak bisa bergerak. Badan sebelah kanan lumpuh total. Sang istri, Sri Rejeki Lulus Puji Siswanti, membawanya ke rumah sakit. Dokter mendiagnosis Hadi terkena stroke. saat itu mereka belum tahu bahwa salah satu khasiat beras hitam pulihkan stroke
Dokter spesialis penyakit dalam di rumah sakit umum pusat dr Sardjito, Yogyakarta, Prof Dr dr Nyoman Kertia SpPD-KR, menuturkan penyebab adalah pendarahan pada otak akibat pembuluh darah pecah. Penyebab lain, otak kekurangan oksigen akibat penyumbatan pembuluh darah. “Penyumbatan pembuluh darah biasanya karena kolesterol tinggi, hipertensi, dan stres,” ujar dr Nyoman.
Penderita stroke biasanya menjalani pola hidup tak sehat yang membuat tekanan darah meningkat hingga puncaknya terserang stroke. menurut Prof Nyoman, pasien stroke akibat penyumbatan pembuluh darah lebih mudah sembuh asal cepat ditangani. Namun, pasien stroke akibat pembuluh darah pecah lebih sulit lantaran pembuluh darah di otak telanjur rusak.
“Jaringan dalam otak merupakan jaringan yang sulit beregenerasi kalau mengalami kerusakan,” ujar dokter penggemar rimpang temulawak itu. Hadi Waluyo sedikit beruntung, stroke yang ia derita akibat penyumbatan pembuluh darah tidak sampai pendarahan. Hadi mengikuti saran dokter dan mencoba berbagai terapi seperti minyak ikan hiu. Sayang, “Hasilnya tidak memuaskan,” ujar Hadi. Saatnya mencoba solusi beras hitam pulihkan stroke

Dua cara
Seorang tetangga menyarankan Hadi untuk mengonsumsi nasi dan sereal beras hitam pulihkan stroke. Hadi mengikutinya dan merasa cocok dengan beras yang dahulu hanya dikonsumsi para bangsawan itu. Anak ke-3 dari 8 bersaudara itu mengonsumsi beras hitam pulihkan stroke dalam dua bentuk. Pertama, sebagai campuran beras putih dengan rasio satu genggam beras hitam dicampur 1 kg beras putih organik. Kedua, dalam bentuk sereal. Istrinya, Sri Rejeki, mencampur masing-masing 1 sendok makan beras hitam dan beras merah lalu menyeduhnya dengan segelas air mendidih. Sri Rejeki lalu mengaduk beberapa dan membiarkan beberapa saat sehingga seduhan hangat. Hadi lantas mengonsumsi seduhan beras merah-hitam itu. Frekuensinya sekali sehari sebelum sarapan ketika perut kosong.
Hadi merasa tubuhnya kian bugar setelah rutin mengonsumsi beras hitam pulihkan stroke. “perubahannya cukup signifikan, dari yang awalnya susah jalan menjadi lancar, lidah pun tidak kelu ketika berbicara,” kata Hadi. Bahkan, enam bulan pascakonsumsi beras hitam, “Saya sudah bisa mengendarai mobil dan montor. Tubuh bagian kanan saya juga sudah tidak lumpuh lagi,” ujar kakek 1 cucu itu.
Hingga saat ini ia tetap mengonsumsi beras hitam pulihkan stroke dengan dosis dan cara yang sama. Efek lain, Hadi merasa kulitnya lebih bersih dan tidak terlalu berkerut. Nyoman Kertia menduga kandungan antioksidan yang tinggi pada beras hitam pulihkan stroke itu. “Antioksidan membuat kolesterol tidak menggumpal. Akibatnya pembuluh darah pada otak bisa lancar dan tidak tersumbat lagi,” kata dr Nyoman.
Oleh karena itu untuk menghindari stroke sejatinya tidak sulit. “makan makanan tinggi antioksidan plus pola hidup sehat alias jangan stres,” ujar dr Nyoman Kertia. Herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Tangerang, Lukas Tersono Adi, mengungkapkan beras hitam makanan kaya serat. “Seratnya paling top diantara beras lain,” kata Lukas. Menurut alumnus Universitas Diponegoro itu serat membantu memaksimalkan metabolisme tubuh.
Ia menyarankan penderita stroke mengonsumsi beras hitam sekitar 100g atau 2-3 sendok makan. Beras itu dimakan sebagai tambahan beras putih dan dikonsumsi rutin tiga kali sehari. “Tentu saja harus dihindari makanan banyak garam dan tinggi lemak,” ujarnya. Menurut Lukas untuk menjaga tubuh penderita stroke agar tetap sehat perlu dikondisikan tubuh ber-pH basa.
“Caranya dengan mengonsumsi sayuran dan buah,” ujarnya. Sementara daging dan makanan bertepung bersifat asam. “Dalam kondisi basa, metabolisme tubuh optimal,” ujarnya. Menurut Lukas beras hitam kaya manfaat. “Beras hitam salah satu panganan sehat yang banyak khasiatnya sehingga sayang kalau tidak dimanfaatkan,” terbukti dengan beras hitam pulihkan stroke ujar Lukas.

Sumber : (Bondan Setyawan) Trubus 551-Oktober 2015/XLVI

beras hitam pulihkan stroke beras hitam pulihkan stroke Beras Hitam Pulihkan Stroke Ritami Organik Beras1 300x258

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *